Woro-Woro: Untuk Pembayaran PBB Sudah Bisa Di Lakukan Di kantor Kelurahan Kedung Baruk Mulai Tanggal 20 Septermber 2018 hingga 25 September 2019 (Ayo..Orang Bijak Taat Pajak)

Recent Post

News

Pojok Rungkut

Sports

Kegiatan KIM

Videos

Tags

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tags

Most Popular

Mitra Sinar Baru


Search This Blog


Recent comments

Berita Kedung Baruk

Seputar Surabaya

Kegiatan KIM

Umum

Sinar Baru Vlog

Hasil Pembelajaran Service Learning, Mahasiswa Petra Gelar Pameran

Hasil Pembelajaran Service Learning, Mahasiswa Petra Gelar Pameran

Sinar Baru – Hasil pembelajaran Service Learning para mahasiswa Universitas Kristen Petra (UK Petra), tidak berhenti disitu saja, namun dibuktikan langsung dengan menggelar pameran karya mahasiswa bertajuk “Buy Local, Shop Local”.

Pameran yang diselenggarakan selama tiga hari sejak tanggal 6 hingga 8 Desember 2017 di selasar gedung P kampus UK Petra, Surabaya, merupakan bagian dari proyek mata kuliah Desain Produk Interior III (DPI III) yang merupakan mata kuliah pilihan dalam Program Studi Desain Interior UK Petra.

Dalam pameran tersebut, para mahasiswa melibatkan tiga kampung unggulan Surabaya sebagai pengguna desain yaitu kampung kue di Penjaringan, kampung bordir di Kedung Baruk dan kampung kerupuk di Gunung Anyar Tambak.

Grace Mulyono S,Sn., M.T. dosen sekaligus koordinator pameran DPI III menyampaikan, bahwa, dalam mata kuliah ini, mahasiswa dibimbing tidak hanya untuk memahami desain produk interior dalam ruang komersial saja akan tetapi harus mampu mempraktekkan fungsi dan terapannya dalam masyarakat.

“Jadi, mahasiswa dituntut untuk dapat mendesain stand atau perabot yang dapat digunakan komunitas untuk berjualan secara temporary,” kata Grace saat ditemui dalam acara pameran, Kamis, (07/12/17).

Tercatat ada empat karya perabot atau stand bazar dan 28 karya dalam bentuk maket dengan skala 1:5 (produk interior retail) yang dipamerkan. Sebelum menghasilkan karya ini, para mahasiswa harus melalui survey dan evaluasi terlebih dahulu. Awalnya para mahasiswa diminta untuk survey ke tiga komunitas tersebut untuk memetakan permasalahan yang terjadi.

Ternyata para komunitas ini membutuhkan stand untuk menaruh barang dagangannya di tiap bazar akan tetapi mereka ada yang menggunakan sepeda motor. Jadi mereka diminta membuat stand bazar yang portable dan mudah dibawa.

Desain produk yang dipamerkan ini sudah melalui proses tahapan evaluasi baik dari dosen maupun para penggunanya. Misalnya seperti komunitas krupuk di Gunung Anyar Tambak yang hanya mempunyai transportasi sepeda motor untuk produknya maka para mahasiswa membuat standnya menggunakan pipa-pipa yang jika dipasang mencapai tinggi 1,5 meter sedangkan jika tidak dipasang tingginya hanya 60 centimeter saja.

“Kami akan melihat beberapa hal dalam menilai karya mahasiswa salah satunya apakah karya ini bisa di bawa ke pameran bazar yang umumnya berukuran 2 meter x 1,5 meter dan fungsional sesuai kebutuhan,” terang Grace.

Mahasiswa semester 5 sejumlah 28 anak ini dibagi menjadi tiga kelompok dan menghasilkan empat karya perabot. Selama tiga hari lamanya mereka akan memamerkan hasil karyanya untuk kemudian di nilai oleh dosen dan mendapatkan masukan dari para komunitas. (BR)

Unknown

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Leave a Reply

Powered by Blogger.